Forum Konsultasi Publik (FKP) yang di laksanakan pada hari Rabu (8/5/2024) di Aula pertemuan lantai III Gedung Baru RSUD dr. Rubini, merupakan wujud keseriusan RSUD untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Acara ini adalah media diskusi untuk meriview kembali standar-standar pelayanan rumah sakit yang meliputi rawat inap, rawat jalan, gawat darurat dan pelayanan penunjang RSUD dr. Rubini yang turut mengundang perwakilan pengguna pelayanan serta stakeholder terkait. Keikutsertaan masyarakat, pemangku kepentingan, perwakilan media di butuhkan untuk memberikan masukan dalam merencanakan, melaksanakan kegiatan dan melakukan pengawasan.

Mempawah–Setelah dilakukan Visitasi oleh Kementrian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dan Pernefri, di lanjutkan dengan di lakukannya Kredensialing Oleh BPJS Kesehatan dan Telah Terbitnya Perizinan Penyelenggaraan Pelayanan Dialisis di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rubini Kabupaten Mempawah, terhitung pada hari Kamis, tanggal 18 April 2024 RSUD sudah dapat melayani pasien Dialisis (Cuci Darah).

Untuk pelayanan HD ini ada di Gedung B Lantai III dengan jadwal layanan setiap hari Senin hingga Sabtu. Adapun alur pelayanan untuk pasien baru yaitu pasien terlebih dahulu menjalani pemeriksaan di Poli Ginjal Hipertensi yang ada di RSUD dr Rubini kemudian akan diperiksa oleh Dokter Spesialis Ginjal Hipertensi. Setelah itu pasien akan langsung diberikan pelayanan hemodialysis.

Sedangkan untuk pasien lanjutan yang memang sudah sering menjalani HD di rumah sakit lain, maka pasien akan diminta membawa surat rujukan atau surat pengantar dari Dokter Spesialis Ginjal Hipertensi dari rumah sakit sebelumnya, untuk selanjutnya surat rujukan dapat diberikan kepada petugas administrasi RSUD dr Rubini untuk bisa diberikan layanan dialisis.